Motorcycle Vespa

Minggu, 27 Januari 2013

Cara Merawat Motor Vespa

 

Cara Merawat Motor Vespa
Cara Merawat Motor Vespa
Bagaimana Cara Merawat Motor Vespa – Mencoba untuk berpartisipasi dalam membangkitkan kembali kejayaan vespa, saya akan share sedikit tentang bagaimana cara mudah merawat vespa yang baik dan benar. Vespa kini tidak lagi mejadi sekedar motor tua, meskipun sudah tidak diproduksi lagi dan telah digantikan posisinya dengan skutic alias skuter matic.
Cara merawat motor vespa sebenarnya tidaklah sesulit yang dibayangkan, namun yang membuatnya sulit adalah ketersediaan spare part yang memang sudah sangat langka sekarang ini. Namun jika anda mau bergabung dengan komunitas vespa, tidak ada yang sulit karena anda bisa sharing berbagai macam hal tentang vespa termasuk dimana mendapatkan spare parts vespa yang oke punya dan high quality.
Motor Vespa
Nah, kali ini saya akan mencona untuk sharing bagaimana cara merawat vespa dilihat dari beberapa hal. anda bisa melakukan beberapa hal dibawah ini.
Karburator
Karburator adalah suku bagian dari vespa yang paling sering mengalami masalah. Jika tidak dirawat dengan baik, bisa-bisa anda akan kerepotan sendiri saat membawa vespa anda. Terutama saat mogok dijalan. Beberapa hal yang membuat karburator bermasalah biasanya karena tersumbat. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebaiknya bersihkan secara berkala karburator anda dari kotoran-kotoran. Anda bisa menggunakan kompresor pada spunyer dan komponen lain.
Kabel Versneling
Kerusakan lain yang mungkin terjadi adalah sulitnya melakukan perpindahan gigi. Ini bisa diakibatkan oleh kabel versneling yang longgar atau kendor. Untuk memperbaiki dan merawatnya, setelah pada posisi gigi 4, setel kabel satunya lagi ke posisi gigi 1. Perhatikan juga posisi nya, jika ada kesalahan akan menyebabkan oper gigi menjadi kacau.
Busi
Selain karburator, busi juga sering menjadi penyebab permasalahan pada motor tua, tidak hanya vespa, tapi semua merk motor tua. Akibatnya bisa jadi motor vespa anda boros busi karena terlalu seringnya diganti. Namun jika kita teliti, sebenarnya hal ini diakibatkan kesalahan dalam memilih oli samping. Selain itu juga kombinasi bahan bakar yang tidak tepat. Agar tidak terlalu sering mengganti busi, sebaiknya anda rajin memeriksa keadaan busi anda. Jika terdapat kotoran atau kerak, bersihkan dengan menggunakan sedikit bensin dan amplas, sedangkan bagian dalamnya bisa diberishkan menggunakan kawat. Tapi jangan merendam busi kedalam bensin.
Bodi
Semua orang juga tau kalau hampir keseluruhan badan vespa menggunakan besi. Besi sangat rentan terhadap karat, oleh karena itu anda harus segera melapisinya dengan cat jika melihat tanda-tanda karat. Selain itu segera bersihkan bodi vespa jika terdapat lumpur. Terutama bagian bawah vespa.

0 komentar:

Posting Komentar